https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN FLEMING DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA | Susanti | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN FLEMING DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Nita Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri Gombong tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 73 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t multivariat dan dilanjutkan dengan uji t univariat secara terpisah.Dari uji t multivariat diperoleh: kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga; dan dilanjutkan dengan uji t univariat diperoleh: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga; (2) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming dengan pemanfaatan alat peraga. Ini menunjukan bahwa model pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar, STAD dan Fleming


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.